Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ramai Simbol Buah Semangka di Media Sosial, Apa Artinya?

Media sosial selalu menjadi cikal bakal sebuah tren tertentu. Begitu pula dengan tren simbol buah semangka yang banyak berseliweran di media sosial seperti platform Instagram. Apakah arti dari  simbol ini?
Arti Simbol Potongan Buah Semangka di Media Sosial



Saat ini, hampir semua orang ramai-ramai menambahkan emoji semangka ke akun Instagram atau bio mereka. Poster-poster yang menampilkan potongan buah semangka di postingan, hingga seruan-seruan protes atau rangkaian kata penuh iba yang diakhiri simbol buah semangka. Semua mungkin juga berseliweran di feed Anda saat ini. Apa maksud semua itu? 


Perlu diketahui, simbol buah semangka adalah bentuk dukungan khalayak untuk tragedi yang terjadi di Palestina. Seperti kita ketahui, krisis kemanusiaan di Gaza telah meningkatkan perhatian publik beberapa minggu terakhir. 


Potongan buah semangka dianggap merepresentasikan Palestina karena ketika dibelah, buah tersebut memiliki unsur warna bendera Palestina, yakni merah, putih, hijau, dan hitam yang direpresentasikan dari biji semangka.
Menghindari Shadow Ban di Instagram


Selain itu, emoji buah semangka ini juga dipakai untuk menghindari shadow banned yang banyak dilaporkan muncul beberapa hari terakhir di laman Instagram. 


Dilansir dari laman Channel News Asia, beberapa pengguna Instagram memerhatikan adanya tanda-tanda bahwa mereka mungkin terkena shadowban setelah memposting tentang Palestina.


Shadow ban sendiri adalah ketika media sosial atau pengguna online diblokir atau publikasi postingannya dikurangi tanpa sepengetahuan mereka. Hal ini biasanya mengakibatkan orang lain tidak dapat melihat postingan atau komentar sang pemilik akun.


Dalam sebuah pernyataan, Meta mengatakan bahwa masalah visibilitas postingan yang berdampak pada beberapa pengguna Palestina disebabkan oleh “bug” global dan beberapa hashtag Instagram tidak lagi dapat dicari karena sebagian konten yang menggunakannya melanggar aturan Meta. Namun, pernyataan Meta tidak menyebutkan hashtag spesifik yang dibatasi berdasarkan kebijakan ini.


Artikel terkait: Doa Artis untuk Palestina, Mampukah Mengetuk Hati Penguasa Dunia?
Simbol Budaya dan Kuliner Palestina


Selain sebagai simbol solidaritas, ternyata buah semangka memang merupakan salah satu bagian penting dari budaya Palestina. 


Buah semangka telah tumbuh di seluruh Timur Tengah, termasuk Palestina selama berabad-abad dan memiliki akar sejarah yang kuat. Di sana, buah ini digunakan dalam konteks agama sebagai sajian bersama buah lainnya seperti ara, anggur, dan delima.


Di Gaza, makanan populer yang dikenal sebagai fatet ajer (atau qursa) menghidangkan semangka yang belum matang, terong, paprika, dan tomat. Hidangan ini dipanggang dan disajikan di atas roti pipih dengan minyak zaitun.
Sejarah Simbol Buah Semangka



Dikutip dari laman Asia News Network, penggunaan semangka sebagai simbol Palestina bukanlah hal baru. Ini pertama kali muncul pada tahun 1967, ketika Israel menguasai Tepi Barat dan Gaza serta mencaplok Yerusalem Timur. Setelah itu, pemerintah Israel menggunakan perintah militer untuk menjadikan pengibaran bendera Palestina di depan umum sebagai pelanggaran pidana di Gaza dan Tepi Barat.


Untuk menghindari larangan tersebut, warga Palestina mulai menggunakan semangka karena, ketika diiris, buah tersebut menampilkan warna patriotik bendera Palestina – daging semangka berwarna merah, bijinya berwarna hitam, kulitnya berwarna putih, dan kulit luarnya berwarna hijau.


Namun, pemerintah Israel dengan cepat menyadari arti dari semangka ini. Otoritas pun memperluas larangan tidak cuma di bendera, tetapi juga gambar semangka maupun sesuatu yang mencakup tiga warna tersebut.


Hingga Oktober 2023 kemarin, para pengguna pun kembali menghiasi Instagram Stories, status,  dan feed berisi dukungan terhadap Palestina disertai dengan bendera Palestina hingga emoji semangka.
Jumlah Korban Anak di Palestina


Update terakhir, jumlah korban anak-anak di Gaza Palestina yang tewas karena gempuran militer Israel sebanyak 3.195 anak, selama 3 pekan terakhir. Menurut organisasi Save The Children, jumlah korban anak selama perang ini melampaui jumlah anak yang terbunuh di zona konflik dunia setiap tahunnya sejak 2019. 


Kita doakan saja ya, Parents semoga tragedi ini segera berakhir dan korban anak-anak tidak terus bertambah. 



 


7 Artis Keturunan Palestina Yang Kariernya Mendunia


Nama bayi Palestina dengan makna yang unik untuk buah hati Anda


Bella Hadid Ternyata Berdarah Palestina, Ini Silsilah Keluarganya


http://dlvr.it/SyKPm6

Posting Komentar untuk "Ramai Simbol Buah Semangka di Media Sosial, Apa Artinya?"