Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asah Kepedulian Sejak Dini, Ini Cara Mengajarkan anak tentang Palestina

Serangan Israel ke Palestina semakin menjadi, perhatian seluruh dunia terpusat pada konflik dua negara ini. Banyak yang prihatin dengan nasib para korban perang di Palestina, aksi penggalangan dana hingga aksi damai di Monas dilakukan untuk tunjukkan kepedulian. Sebagai orangtua, kita juga bisa mengajarkan anak tentang Palestina agar sang buah hati mengerti, mengapa kasus ini menjadi perhatian seluruh dunia. 
Cara Mengajarkan Anak tentang Palestina Menurut Najeela Shihab



Psikolog sekaligus praktisi pendidikan Najeela Shihab membagikan tips cara mengajarkan anak tentang Palestina. 


Melalui unggahannya di Instagram, kakak kandung Najwa Shihab ini mengungkapkan bahwa apa yang terjadi antara Israel dan Palestina mungkin terlalu rumit untuk dipahami anak-anak. Meski demikian, putri dari ulama Quraish Shihab ini juga menyatakan bahwa kepekaan sosial anak perlu diasah sejak dini. 


“Okupasi Israel di Palestina seringkali disebut terlalu kompleks untuk dipahami anak karena usianya. Padahal, kepekaan sosial dan pemahaman konstelasi dunia, adalah pembelajaran penting bagi anak-anak kita,” tutur Najeela Shihab. 


“Sudah sepatutnya, nilai-nilai tentang hak asasi manusia, menjadi bagian dari percakapan dan diteladankan aksinya di satuan pendidikan maupun di rumah. Fakta bahwa sampai hari ini, sudah lebih dari 8.309 warga Palestina terbunuh dan 3.457 (sekitar 40%) di antaranya adalah anak-anak, pasti menakutkan untuk diperbincangkan. Jangan lupa praktikkan kekuatan doa bersama untuk keselamatan dan perdamaian, untuk keberanian dan perjuangan,” tambahnya. 
Cara Berdiskusi dengan Anak soal Palestina



Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang disarankan Najeela Shihab untuk membantu anak memahami situasi di Palestina. 

Bicarakan sejarah Palestina beserta, sejak kapan Israel mulai menginvasi, apa saja yang dampak yang terjadi pada situasi global hingga saat ini. 
Ajak anak membaca kisah-kisah personal para korban di Palestina, bukan hanya sekedar angka saja. Kita bisa membantu mengasah kepedulian anak dengan membaca kisah para penyintas, video anak-anak yang menjadi korban dan lain sebagainya. 
Bicarakan soal pentingnya hak anak. Hak untuk tempat tinggal yang aman, hak untuk bermain, hak untuk belajar dan hak-hak lain yang dirampas dari anak-anak korban perang Palestina. 
Menunjukkan kepedulian dengan cara paling sederhana yakni berdoa kepada Tuhan untuk keselamatan anak-anak di Palestina. 



Semoga informasi ini bermanfaat.

 



Doa Artis untuk Palestina, Sampai Ada yang Tolak Tawaran Kerja



Duka untuk Para Korban, Mari Panjatkan Doa untuk Palestina berikut ini!


http://dlvr.it/SyRPZB

Posting Komentar untuk "Asah Kepedulian Sejak Dini, Ini Cara Mengajarkan anak tentang Palestina"