Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan dan Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Garis dua sudah muncul di tes kehamilan, Bun? Sekarang pasti penasaran bagaimana cara menghitung usia kehamilan secara manual dan cara menghitung HPL yang bisa Bunda lakukan sendiri.


Bidan atau dokter spesialis kandungan biasanya akan menghitung usia kehamilan berdasarkan tanggal pertama menstruasi terakhir atau berdasarkan tinggi puncak rahim, tetapi cara yang kedua tidak dapat kita temui lagi sekarang.


Oleh karena itu, saat kita memeriksakan kehamilan pertama kali, yang ditanyakan dokter atau bidan adalah tanggal berapa bunda mengalami menstruasi terakhir.
Cara Menghitung Usia Kehamilan



Cara menghitung usia kehamilan sebenarnya bisa dilakukan secara manual maupun bantuan dokter. Bagaimana caranya? 
Cara Menghitung Usia Kehamilan Berdasarkan Hari Pertama Menstruasi Terakhir


Cara menghitung usia kehamilan secara manual dengan rumus ini berlaku bagi ibu yang memiliki siklus menstruasi normal dan teratur yaitu setiap 28 hari.


Tanggal pertama menstruasi biasa disebut Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Untuk mengetahui berapa minggu usia kehamilan Bunda, coba ingat-ingat tanggal HPHT bunda. HPHT bunda dihitung sebagai hari pertama kehamilan Bunda.


Sebagai contoh bila HPHT bunda adalah tanggal 1 November, maka jika sekarang adalah tanggal  15 November, maka usia kehamilan Bunda adalah 2 minggu.


Lalu bagaimana bila Bunda tidak tahu atau tidak ingat tanggal pertama menstruasi?


Artikel terkait: 5 Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Lupa HPHT, Cek!
Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Tidak Ingat Tanggal Pertama Menstruasi Terakhir atau Siklus Menstruasi Tidak Teratur


Jika Anda tidak ingat kapan tanggal pertama menstruasi terakhir Anda, atau siklus menstruasi Anda tidak teratur, mungkin Anda membutuhkan bantuan dokter ahli kandungan atau bidan untuk menghitung usia kehamilan Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan tenaga ahli. Apa saja?

Ultrasonografi (USG). Saat ini setiap dokter kandungan yang berpraktik mempunyai alat ini, baik yang 2D,3D, bahkan 4D dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan USG, dokter kandungan akan mengukur lingkar kepala dan panjang dari kepala sampai pantat janin, sehingga usia kehamilan Bunda dapat diperkirakan.
Tanggal pembuahan atau konsepsi. Karena HPL itu penting, Anda dan pasangan dapat menggunakan tanggal konsepsi Anda sebagai ganti tanggal HPHT. Cukup tambahkan 266 hari sejak tanggal pembuahan untuk mendapatkan perkiraan tanggal HPL.
Tanggal transfer IVF. Jika Parents merupakan salah satu orang yang menggunakan metode IVF atau bayi tabung untuk mendapatkan keturunan, maka Anda dapat menghitung HPL secara lebih tepat dengan menggunakan tanggal transfer IVF Anda.
Doppler. Dilansir Mayo Clinic, doppler adalah tes noninvasif yang dapat digunakan untuk memperkirakan aliran darah melalui pembuluh darah Anda dengan memantulkan gelombang suara frekuensi tinggi (ultrasound) dari sel darah merah yang bersirkulasi. Doppler pertama kali dapat mendeteksi detak jantung bayi sekitar usia 10 hingga 12 minggu, sehingga Parents bisa mengira-ngira dari HPL jika detak jantung bayi sudah terdengar.
Tinggi fundus adalah pengukuran dari tulang kemaluan ibu ke bagian atas rahim. Pemeriksaan tinggi fundus hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli, seperti bidan atau dokter agar lebih akurat. Pemeriksaan tinggi fundus bisa menentukan kapan  HPL Anda. 



Artikel terkait: Berapa kali ibu hamil boleh melakukan USG kehamilan?
Cara Menghitung HPL Secara Manual 



Dari HPHT Bunda juga bisa mengetahui HPL. Caranya adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama menstruasi terakhir, kemudian mengurangi bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunnya.


Sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi tiga, seperti Januari, Februari dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tetapi tahunnya tidak ditambah.


Sederhananya, gunakan rumus ini:

Tanggal haid terakhir +7 = perkiraan tanggal kelahiran
Bulan haid terakhir – 3 = perkiraan bulan kelahiran
Untuk bulan Januari, Februari, Maret, bulan haid terakhir +9



Misal, jika  HPTP bunda adalah tanggal 15 Oktober 2018 (25 – 10 – 2015), maka HPL-nya adalah (15+7) – (10-3) – (2018+1) atau 22 – 7 -2019. Tanggal tersebut adalah perkiraan, tanggal kelahirannya sendiri bisa lebih cepat atau lebih lama selama 7 hari.
Mengapa HPL Tidak Sesuai dengan Perhitungan Dokter?



Perlu diketahui bahwa kadang-kadang dokter akan mengubah HPL Anda sehingga tidak sama dengan HPL awal. Namun Bunda tidak perlu terlalu khawatir, karena hal itu memang umum terjadi. Berikut ini 4 alasan mengapa HPL Bunda bisa berubah:
1. Menstruasi Tidak Teratur


Untuk memperkiraan hari lahir, dokter akan bertanya kapan terakhir kali Anda menstruasi saat pertama kali memeriksakan kehamilan. Hal ini menjadi sulit bagi Bunda yang haidnya tidak teratur.


Untuk memperkirakan HPL, perlu diketahui waktu ovulasi Bunda yang terjadi pada masa 14 hari setelah haid terakhir. Beberapa dokter juga akan menyarankan pemeriksaan USG pada trimester pertama untuk mengetahui usia janin di dalam rahim.
2. Hasil USG di Trimester Kedua


Sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menyatakan, USG yang dilakukan pada trimester pertama, terutama di usia kandungan 13 minggu, jauh lebih akurat untuk memperkirakan HPL.


Jadi, USG yang dilakukan di trimester kedua hasilnya tidak terlalu akurat untuk memperkirakan tanggal kelahiran bayi. Bila kehamilan Anda adalah hasil dari perawatan kesuburan (IVF), dokter akan melihat usia embrio dan tanggal embrio ditanamkan untuk memperkirakan HPL.
3. Pengukuran Fundus yang Tidak Teratur


Saat mengunjungi dokter, bumil akan menjalani pengukuran fundus (bagian atas rahim) kehamilan. Pemeriksaan ini akan memberikan gambaran, berapa usia kandungan berdasarkan ukuran rahim.


Bila Anda mengandung bayi berukuran besar atau ukuran bayi lebih kecil dari rata-rata bayi biasanya, maka HPL Anda bisa berubah. Setelah pemeriksaan fundus, dokter akan menyesuaikan HPL dengan melihat analisa dari pemeriksaan tersebut.
4. Tingkat Fetoprotein Alfa yang Tidak Normal


Alpha fetoprotein atau AFP merupakan protein yang diproduksi oleh janin yang terdapat dalam cairan amnion (ketuban) dan aliran darah ibu. Tingkat protein dapat diukur untuk mendeteksi cacat bawaan tertentu seperti spina bifida dan down syndrome.


Biasanya, tingkat AFB diukur pada usia kehamilan 14 dan 22 minggu. Jika level AFP tinggi, maka prediksi HPL akan menjadi tidak akurat. Dalam beberapa kasus, tingkat AFP tinggi juga bisa menjadi tanda bayi Anda akan lahir dengan kelainan genetik.


***


Bunda, semoga informasi mengenai cara menghitung usia kehamilan dan menghitung hari perkiraan lahir (HPL) di atas bermanfaat ya!


***




Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda 1-2 Bulan



12 Foto Proses Perkembangan Janin yang Menakjubkan, dari Usia Kehamilan 1 Bulan hingga Bayi Lahir



Perkembangan Janin Dari Minggu ke Minggu


http://dlvr.it/SybS1V

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan dan Hari Perkiraan Lahir (HPL)"