Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Film Biopik Pahlawan Indonesia, Seru Ditonton Bareng Keluarga!

Selamat Hari Pahlawan Indonesia, Parents! Untuk merayakan dan mengenang jasa pahlawan Tanah Air, Anda bisa menyaksikan rekomendasi film biopik tentang pahlawan Indonesia bersama keluarga.


Dari mulai Kartini hingga Buya Hamka, ada begitu banyak pilihan film mengenai kehidupan pahlawan bangsa dan perjuangannya yang bisa ditonton.

Selain seru, tentunya dengan menyaksikan berbagai film ini pun bisa sekaligus menambah wawasan baru Anda mengenai tokoh para pejuang Indonesia.


Selanjutnya, Parents pun bisa mengajarkan nilai-nilai inspiratif dari para pahlawan pada si kecil.


Langsung saja kita simak rekomendasinya berikut ini, yuk!
Rekomendasi Film Biopik Pahlawan Indonesia
1. Buya Hamka (2023)



Buya Hamka merupakan film biopik pahlawan Indonesia yang baru rilis pada 2023 ini, Parents. Tentunya, film ini mengisahkan tentang perjalanan hidup sang Buya Hamka, pahlawan Nasional Indonesia yang juga merupakan seorang sastrawan. 


Film garapan sutradara Fajar Bustomi ini menyorot kehidupan Buya Hamka saat masih menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah Pedoman Masyarakat. Saat itu, pihak Jepang merasa terancam dengan karya-karyanya sehingga kantor majalah itu pun harus ditutup sebab dianggap berbahaya bagi para penjajah. 


Ditutupnya kantor majalah tempat bekerja, membuat Hamka kesulitan. Terlebih, saat itu salah satu anaknya meninggal karena sakit. Hamka pun berusaha mendekati pihak Jepang, tetapi ia dituduh sebagai penjilat dan dimusuhi sehingga harus mundur sebagai pengurus Muhammadiyah. 


Buya Hamka di film ini diperankan oleh aktor Vino G Bastian. Film ini rilis di bioskop pada April 2023. Kini, Parents bisa menyaksikan film Buya Hamka di situs streaming online resmi, Netflix.  
2. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018)



Sumber: Instagram @sultanagung.themovie



Rekomendasi film biopik pahlawan Indonesia pertama yang wajib tonton adalah sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta yang dirilis pada tahun 2018. Film ini merupakan film sejarah yang dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris terkenal, seperti Ario Bayu, Marthino Lio, hingga Putri Marino.


Menariknya, pembuatan naskah film ini dilakukan dengan cara mengadakan riset bersama seorang ahli sejarah bernama Ir. Bagas Pujilaksono, M.Sc., Lic.Eng., Ph.D. 


Seperti judul filmnya, film sejarah ini mengangkat cerita tentang Sultan Agung Hanyakrakusuma yang merupakan raja ketiga dari Kerajaan Mataram.


Pada saat itu ia memerintah Kerajaan Mataram pada 1613 hingga 1646. Film biopik pahlawan Indonesia ini menceritakan keberanian Sang Sultan dalam melawan VOC pada masa kolonial. Tidak hanya itu, film ini juga mengangkat nuansa romansa yang dialami oleh Sang Sultan.
3. Nyai Ahmad Dahlan (2017)



Sumber: Instagram @nyaiahmaddahlanmovie



Source: Instagram


Film biopik pahlawan Indonesia yang wajib ditonton untuk merayakan suasana Agustusan adalah film berjudul Nyai Ahmad Dahlan. Beliau merupakan satu dari sekian pahlawan perempuan nasional di Indonesia.


Film yang dirilis pada tahun 2017 ini disutradarai oleh Olla Atta Adonara. Tidak hanya itu, film ini juga dibintangi oleh beberapa aktor dan artis terkenal seperti Tika Bravani, David Chalik, Cok Simbara, hingga Malvino Fajaro.


Tokoh utama dari film biopik pahlawan Indonesia ini membawa penontonnya untuk mengarungi pengalaman Siti Walidah, yang sering juga disebut Nyai Ahmad Dahlan. Beliau merupakan istri dari Ahmad Dahlan, tokoh pendiri Muhammadiyah.


Dengan menceritakan kisah hidup Nyai Ahmad Dahlan, film ini akan membawa Parents untuk mengetahui perjuangan perempuan dalam menyokong hak-hak perempuan dan emansipasi perempuan di Indonesia.
4. Kartini (2017)



Sumber: Instagram @therealdisastr



Siapa yang tidak tahu tentang sosok Kartini? Seorang pahlawan wanita asal Jepara yang berperan dalam menegakkan kebebasan perempuan untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya.


Hal tersebut yang mengilhami Hanung Bramantyo untuk menyutradarai film Kartini yang dirilis pada 2017 silam ini. Tidak hanya itu, film ini juga dibintangi oleh beberapa artis papan atas, seperti Dian Sastrowardoyo, Ayushita, Acha Septriasa, dan masih banyak lagi.


Film biografi tentang Kartini ini menceritakan tentang perjuangan Kartini dalam memerangi tradisi-tradisi yang merugikan kaum perempuan.


Film ini sangat cocok untuk Parents tonton bersama dengan keluarga, terutama anak-anak. Pasalnya, Parents tidak hanya bisa mengajari anak-anak mengenai tokoh pahlawan nasional, tapi juga bisa mengajarkan betapa berharga dan beruntung orang-orang yang mengenyam pendidikan.
5. Wage (2017)



Sumber: Instagram @filmwage



Mungkin nama Wage pada daftar pahlawan nasional akan terasa sangat asing di telinga Parents. Pasalnya, tokoh yang bernama Wage tersebut sering dikenal sebagai W.R. Supratman atau Wage Rudolf Supratman, seorang komposer kebanggaan tanah air yang telah berjasa menciptakan lagu Indonesia Raya.


Film berjudul Wage ini dirilis pada tahun 2017 dan disutradarai oleh John De Rantau serta dibintangi oleh beberapa sosok terkenal seperti Putri Ayudya, Ricky Malau, Teuku Rifnu Wikana, hingga Prisia Nasution.


Berbeda dengan kebanyakan film biopik pahlawan Indonesia lainnya, film ini menampilkan perjuangan para pahlawan Indonesia dari sudut pandang yang unik, yakni melalui sudut pandang seorang komposer.


Film yang diangkat dari cerita hidup W.R. Supratman ini menampilkan usahanya untuk kemerdekaan Indonesia, seperti momen-momen saat W.R. Supratman tergabung dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia.
6. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)



Sumber: Instagram @hos_tjokroaminoto



Rekomendasi film biopik pahlawan Indonesia selanjutnya yang bisa Parents tonton bersama keluarga adalah Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Film yang disutradarai oleh Garin Nugroho ini dirilis pada tahun 2015 silam. Banyak pemeran dalam film ini merupakan aktor dan aktris papan atas di tanah air, seperti Reza Rahardian, Christine Hakim, Sujiwo Tedjo, Maia Estianty, Didi Petet, Egi Fedly, hingga Alex Komang.


Film ini mengangkat cerita Haji Oemar Said Tjokroaminoto, yang diperankan oleh Reza Rahardian, saat beliau tergabung dalam Sarekat Islam. Terlahir dari keluarga keturunan bangsawan dan terpelajar, HOS Tjokroaminoto merasa prihatin dengan keadaan tersebut.


Berbekal ilmu dan tekadnya yang kuat, beliau rela melepaskan status kebangsawanannya untuk mengabdikan dirinya kepada negara.
7. Jenderal Soedirman (2015)



Sumber: Instagram @film_soedirman



Masa-masa agresi militer Belanda di Indonesia memang sangat mengerikan. Hal tersebut yang membuat Jenderal Soedirman geram dan beraksi menghentikan perang tersebut. Cerita patriotik dan heroik tersebut akhirnya diangkat oleh sutradara Viva Westi.


Tidak hanya itu, sosok Jenderal Soedirman juga diperankan oleh Adipati Dolken sebagai tokoh utama. Tokoh-tokoh lain juga diperankan oleh Ibnu Jamil, Baim Wong, Nugies, dan Mathias Muchus. 


Film ini menceritakan perjuangan Jenderal Soedirman dan banyak pejuang kemerdekaan Indonesia lainnya dalam menghentikan kekejaman Belanda. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan perang gerilya selama tujuh bulan.


Aksi menegangkan tersebut ditampilkan dengan jelas dalam film yang dirilis pada tahun 2015 ini. Saat menonton film ini, Parents akan merasakan bagaimana tegangnya suasana perang antara Belanda dan Indonesia di masa lalu.
8. Soekarno (2013)



Sumber: Instagram @filmsoekarno



Mantan presiden pertama Indonesia, Soekarno, sangat diagung-agungkan dalam usaha kerasnya membuat Indonesia lepas dari penjajahan. Hal itulah yang mengilhami sutradara Hanung Bramantyo untuk membuat film biopik pahlawan Indonesia mengenai perjuangan Soekarno tersebut.


Film berjudul Soekarno dan dirilis pada tahun 2013 ini juga dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris tanah air, seperti Lukman Sardi, Tika Bravani, Ario Bayu, Tanta Ginting, hingga Maudy Kusnaedi.


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, film ini menceritakan perjuangan Soekarno untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Film ini juga menyorot usaha-usahanya dalam penyusunan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.


Tidak hanya itu, intrik-intrik di balik perencanaan teks proklamasi juga diceritakan dengan sangat apik dalam film ini. Jika Parents menonton film ini, dijamin hati akan bergaung saat teks proklamasi dikumandangkan di film ini.
9. Soegija (2012)



Sumber: Instagram @anjayngusep



Film biopik pahlawan Indonesia terakhir dalam daftar ini yang wajib Parents tonton adalah Soegija. Dalam film ini diceritakan sejarah tentang Albertus Soegijapranata, seorang uskup agung yang menjadi pahlawan nasional Indonesia karena perannya dalam meminta Vatikan untuk mengakui kedaulatan Indonesia.


Film ini dibintangi oleh Nirwan Dewanto, Hengky Solaiman, Annisa Hertami, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, film ini sempat digadang-gadang menjadi film termahal yang disutradarai oleh Garin Nugroho.


Seperti yang telah dijelaskan secara singkat sebelumnya, film yang dirilis pada tahun 2012 ini mengangkat aspek kemanusiaan dalam kemerdekaan Indonesia dari aspek agama, khususnya agama Katolik.


Film ini menyorot strategi Soegija, yang dikenal sebagai pro-nasionalis, dalam usahanya melakukan diplomasi secara diam-diam untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bahkan, beliau juga terkenal sosok yang cinta damai dan membenci kekerasan serta senjata.
10. Sang Pencerah (2010)



Digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo, Sang Pencerah merupakan film yang mengisahkan tentang kehidupan pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. K.H Ahmad Dahlan merupakan pahlawan nasional atas jasa-jasa dirinya yang berperan besar dalam membangkitkan kesadaran bangsa Indonesia memulai pendidikan dan pembaharuan Islam. 


Film Sang Pencerah dibintangi oleh Lukman Sardi sebagai Ahmad Dahlan serta beberapa bintang besar Indonesia lainnya seperti Muhammad Ihsan Tarore hingga Zaskia Adya Mecca. 
11. Tjoet Nja’ Dhien (1988)



Ini merupakan film biopik lawas yang mengisahkan kehidupan pahlawan perempuan Indonesia, Cut Nyak Dien. Dalam film ini, disorot perjuangan perempuan asal Aceh itu dalam melawan Belanda bersama teman-temannya.


Meski lawas, tetapi film ini layak ditonton untuk mengenang jasa sang pahlawan, lo. Dibintangi oleh artis kondang Christine Hakim, film Tjoet Nja’ Dhien yang digarap Eros Djarot ini pun sempat mendapatkan penghargaan Piala Citra dalam ajang Festival Film Indonesia 1988. 


Itulah beberapa rekomendasi film biopik pahlawan Indonesia yang sangat cocok ditonton bersama keluarga untuk melengkapi suasana Hari Pahlawan Nasional di rumah. Semangat para pahlawan nasional Indonesia dalam memperjuangkan negara Republik Indonesia serta mensejahterakan hak-hak bangsa sangat tercurahkan dengan apik dalam beberapa rekomendasi film di atas.


Saat menonton, Parents akan merasakan gelora semangat kemerdekaan Indonesia juga, lo. Jangan lupa selalu mendampingi si kecil saat menonton bersama, ya. 


Selamat Hari Pahlawan Indonesia, Parents!


***






30 Nama Pahlawan Nasional Indonesia dan Perjuangannya, Yuk Kenalkan pada Anak



5 Rekomendasi Film Motivasi, Seru Ditonton Bareng Keluarga!



Pelajari Budaya Korea Selatan dari 5 Rekomendasi Film dan Drama Ini!


http://dlvr.it/Syf4M6

Posting Komentar untuk "11 Film Biopik Pahlawan Indonesia, Seru Ditonton Bareng Keluarga!"