Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Haru! Kisah Arby, Anak Down Syndrome yang Setia Jaga Ibu Sendirian di RS

Baru-baru ini viral di sosial media, kisah anak down syndrome bernama Arby yang merawat dan menjaga ibunya di rumah sakit. Unggahan ini menarik perhatian banyak netizen, karena menunjukkan bahwa anak pengidap down syndrome juga punya kasih sayang dan bisa melindungi orang yang berharga baginya.
Kisah Arby, Anak Down Syndrome yang Setia Menjaga Ibu yang Sakit di RS


Kisah Arby pertamakali diunggah ke platform Tiktok oleh seorang perawat Rumah Sakit Grandmed di Lubuk Pakam, Deli, Serdang, Sumatera Utara.



Melalui unggahan tersebut, diketahui bahwa ibunda Arby yang bernama Rohana Suparmi sejak tiga tahun lalu mengalami komplikasi penyakit jantung, ginjal, dan paru-paru. Arby seorang diri menjaga ibunya di rumah sakit karena tidak ada sanak keluarga yang lain. 


Kisah ini diunggah oleh akun Tiktok  @niningrezky369 yang menunjukkan Arby dengan sopan dan ramah menjawab semua pertanyaan sang pemilik akun.



Banyak netizen yang merasa simpati dan @ninigrezky369 pun kebanjiran permintaan untuk selalu memperbarui kabar tentang Arby, sang anak Down Syndrome yang istimewa. 


Akhirnya banyak yang memberikan donasi untuk disalurkan ke Arby dan ibunya. Bahkan pemerintah Desa Purwodadi, Deli Serdang, juga memberikan perhatian pada Arby setelah videonya menjadi viral. 


Kisah Arby menyadarkan kita bahwa tak selamanya anak down syndrome harus selalu dijaga dan dilindungi oleh orang dewasa, mereka juga bisa bertindak sebagai pelindung dan penjaga bagi keluarga.
Sekilas Tentang Down Syndrome



Anak-anak dengan down syndrome disebabkan karena kondisi genetik kelebihan kromosom 21. Sehingga menyebabkan gangguan belajar dengan ciri fisik tertentu. Biasanya mereka akan cenderung tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan anak seusianya, seperti perkembangan jalan dan bicara. 


Namun meski begitu, Bunda tidak perlu khawatir karena anak dengan sindrom down biasanya akan menunjukkan kecerdasan, kelembutan, dan kegembiraan yang khas dalam perkembangannya. Tidak jarang kelebihan anak down syndrome ini bisa meraih prestasi gemilang. 


Memang dibutuhkan support system kuat agar mereka bisa bertahan menjalani kehidupan. Keluarga juga biasanya lebih terbuka, penyayang dan penuh kasih saat mendidik anak-anak down syndrome. Dukung mereka dengan fokus pada potensi untuk meraih pencapaian potensial yang bisa dilakukan.
3 Kelebihan Anak Down Syndrome yang Istimewa

1. Kelebihan dan Kepekaan dalam Membangun Hubungan Sosial


Anak-anak dengan Sindrom Down seringkali memiliki kemampuan alami untuk membentuk hubungan sosial yang kuat. Mereka cenderung sangat ramah, penuh kasih, dan mudah bergaul. Bahkan mereka juga membawa banyak kegembiraan pada orang sekelilingnya.


Tidak jarang mereka juga akan lebih peka dengan perasaan orang lain. Kemampuan membaca emosi dan empati yang kuat, akan menjadi kontribusi positif terhadap atmosfer sosial.


Dukung anak dengan menciptakan lingkungan sosial yang positif di antara sebaya dan sekitarnya. Seperti Arbi yang sangat ramah, sehingga orang rumah sakit senang berbincang dan berbagi dengannya.
2. Kreativitas dan Imajinasi yang Luar Biasa


Beberapa anak dengan Sindrom Down menunjukkan tingkat kreativitas dan imajinasi yang tinggi. Biasanya ada yang mengekspresikan diri melalui seni, musik, atau berbagai aktivitas kreatif lainnya.


Potensi kecerdasan musikal dan kinestetis seperti menari juga bisa Parents berikan. Ini dapat memperkaya kemampuan mereka dalam kehidupan. Sehingga dapat memberikan kontribusi berharga bagi lingkungan sekitarnya.
3. Kecerdasan Naturalis dan Dapat Berprestasi



Parents jangan kaget, kalau mereka biasanya akan lebih berusaha untuk mencapai pencapaian apapun dengan bersungguh-sungguh dibanding anak normal lainnya. Berikan mereka kesempatan untuk belajar banyak hal. Sehingga Parents akan tahu apa yang disukainya, siapa tahu di kemudian hari mereka bisa berprestasi.


Berikan anak kesempatan belajar. Ibu bisa melakukannya dengan membiarkan anak mencari tahu apa yang dia sukai. Nah, apa yang dia sukai ini bisa saja akan membawa anak untuk memiliki prestasi di kemudian hari.

 



Punya Anak dengan Down Syndrome, 6 Artis Ini Tunjukkan Keistimewaan sang Buah Hati


http://dlvr.it/T1v7nQ

Posting Komentar untuk "Bikin Haru! Kisah Arby, Anak Down Syndrome yang Setia Jaga Ibu Sendirian di RS"