Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggugah Selera, Ini 10 Makanan Khas Payakumbuh yang Wajib Dicoba

Jika selama ini Parents mengira bahwa makanan khas Sumatera Barat hanyalah masakan Padang, maka Anda perlu mencoba makanan khas Payakumbuh. Ini merupakan salah satu makanan khas wilayah Sumatera Barat yang merupakan bagian dari dari Kabupaten Lima Puluh Kota.


Meskipun tak setenar masakan Padang, pastinya makanan khas Payakumbuh ini tetap patut dicoba apabila melancong ke Sumatera Barat. 


Geblek Tradisional, Makanan Khas Jogja yang Ngangenin 
Makanan Khas Payakumbuh yang Menggugah Selera
1.  Gulai Paulik



Makanan khas Payakumbuh kurang lebih sama seperti masakan Padang, ciri khasnya pasti selalu menggunakan santan untuk menambah cita rasa masakan.


Gulai Paluik adalah masakan gulai yang berisi sayuran dengan bahan utama jengkol yang dihaluskan kemudian dililit dengan daun labu atau kacang, kemudian dilengkapi dengan telur dan ada tepung serta santan sebagai campuran kuah penambah kelezatan masakan ini. Bagi penggemar jengkol, masakan ini bakalan cocok di lidah!
2.  Rendang Talua atau Rendang Telur



Jika selama ini Parents mengenal rendang terbuat dari daging sapi, maka tidak dengan rendang khas Payakumbuh. Di Payakumbuh, dikenal dengan nama rendang Talua. Makanan ini dibuat menggunakan bahan utama telur.


Teksturnya renyah mirip seperti keripik. Meskipun berbeda dengan rendang biasanya, rendang talua ini tetap jadi primadona di Payakumbuh dan dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh wajib para wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat. 
3.  Rendang Runtiah



Jika Parents tak terlalu suka telur, di Payakumbuh ada pula rendang Runtiah. Ini merupakan rendang yang terbuat dari suwiran daging sapi tipis-tipis, mirip dengan abon, tapi potongannya jauh lebih kasar.


Selain itu, tekstur makanan ini juga minim kuah dan cenderung agak kering. Rendang yang satu ini cocok banget bagi Anda yang tidak terlalu suka makanan berkuah dan lebih memilih makanan yang simple dan praktis.


Jangan lupa membawa pulang makanan ini sebagai oleh-oleh khas Payakumbuh ya!


http://dlvr.it/SxKkpL

Posting Komentar untuk "Menggugah Selera, Ini 10 Makanan Khas Payakumbuh yang Wajib Dicoba"