Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tempat Wisata di Singapura, Dari Wisata Sejarah Hingga Wisata Belanja

Singapura adalah merupakan negara yang cukup dekat dengan Indonesia. Negara ini pun sering kali menjadi tujuan wisatawan asal Indonesia untuk melepas penat. Meskipun kecil, terdapat banyak tempat wisata di Singapura yang bisa dikunjungi, mulai wisata edukasi hingga wisata rekreasi.


Menurut sejarah, Singapura didirikan sebagai koloni perdagangan Inggris pada tahun 1819. Sejak merdeka, negara kecil ini telah menjadi salah satu negara paling makmur di dunia dan menjadi salah satu negara dengan pelabuhan tersibuk di dunia. Di Singapura, Parents dapat menjumpai berbagai bangunan kolonial yang anggun berdampingan dengan pasar berusia berabad-abad dan gedung-gedung tinggi modern.


Jika Parents berencana melakukan short trip bersama keluarga di negara ini, berikut ini kami rekomendasikan beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi.


Artikel terkait: 11 Tempat Wisata di Malaysia, unntuk Pencinta Alam dan Penyuka Ketinggian!
Tempat Wisata di Singapura yang Menarik
1. Marina Bay Sands



Marina Bay Sands merupakan sebuah resor yang dibangun dengan biaya US $ 5,7 miliar atau senilai 840,2 triliun rupiah. Dengan biaya sebesar itu, menjadikan Marina Bay Sands sebagai bangunan termahal di dunia ketika dibuka pada tahun 2010. 


Marina Bay Sands adalah bangunan terpadu resor yang terdiri dari hotel mewah, restoran, jajaran toko, pusat konveksi, bioskop, museum, dan berbagai pusat hiburan lainnya. Di tempat ini juga terdapat arena skating dalam ruangan yang dibuat dengan es sintetis.
2. Singapore Flyer



Singapore Flyer adalah bianglala raksasa yang akan membawa Parents menikmati pemandangan menakjubkan di negara Sinagpura. Bianglala ini dapat menampung hingga 28 orang dan telah dibuka pada tahun 2008.


Tingginya  mencapai 165 meter (541 kaki) sehingga menjadi bianglala tertinggi di dunia. Wahana ini pun sangat inklusif dan memiliki fasilitas lengkap. Orang-orang disabilitas pun dapat menaiki wahana bianglala ini karena telah disediakan kursi roda di sana. Selain menikmati pemandangan, di terminal flyer terdapat bangunan tiga lantai yang menyediakan restoran, toko, dan berbagai layanan lainnya.


Artikel terkait: 12 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Negara Kamboja
3. Buddha Tooth Relic Temple



Buddha Tooth Relic Temple adalah kompleks kuil dan museum Buddha yang terletak di distrik Pecinan Singapura. Para biksu dan umat Buddha lainnya secara resmi mempraktikkan Buddhisme Tiongkok. Kuil ini dibangun berdasarkan gaya arsitektur Buddha Tiongkok dari dinasti Tang.


Selain tempat ibadah, kuil ini juga digunakan untuk menyimpan peninggalan gigi Buddha yang bersejarah. Relik gigi tersebut berukuran 7,5 cm dan memiliki panjang seperti layaknya ukuran gigi manusia. Peninggalan tersebut dapat dilihat oleh umum di lantai 4 kuil. Ruang bawah tanah kuil memiliki ruang bioskop dan ruang makan vegetarian yang menyajikan makanan gratis.
4. Night Safari



Jika Parents bosan dengan klub dan ingin merasakan pengalaman wisata malam di Singapura, datanglah ke Night Safari. Di tempat ini, Parents bisa melihat berbagai hewan nokturnal yang dipamerkan sehingga sangat cocok menjadi wisata edukatif untuk buah hati. Night Safari dibuka pada tahun 1984 dan menjadi tempat wisata favorit banyak orang.


Setiap tahun, Night Safari didatangi lebih dari satu juta orang. Parents bisa melihat hewan nokturnal dengan menaiki trem, tetapi juga bisa berjalan kaki sembari melihat secara detail kebiasaan hewan malam tersebut. Jika lapar, tak perlu khawatir. Di tempat ini terdapat beberapa restoran yang menyajikan berbagai menu dan hiburan menarik.


Artikel terkait: 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Tokyo Jepang yang Wajib Dikunjungi Wisatawan Pemula
5. Singapore Botanic Gardens



Ingin wisata hemat ke Singapura? Singapore Botanic Gardens bisa menjadi jawaban yang lengkap. Ketika memasuki taman ini, Parents tidak dipungut biaya sepeser pun. Namun, jika memasuki Taman Anggrek Nasional, Parents harus membayar biaya masuk. Taman ini ini berisi lebih dari 60.000 spesies tumbuhan dan hewan.
6. Gardens by the Bay



Gardens by the Bay adalah tempat wisata di Singapura yang relatif baru. Meski demikian, tempat ini menjadi landmark yang harus dikunjungi oleh para wisatawan. Gardens by the Bay dibangun di atas tanah reklamasi di pusat Singapura. Terdiri dari tiga taman, yakni Bay Central, Bay East, dan Bay South.


Artikel terkait: 10 Tempat Wisata Korea Gratis yang Bisa Dikunjungi saat Bertandang ke Sana
7. Raffles Hotel



Raffles Hotel, dengan gaya kolonialnya yang anggun, adalah wajah Singapura. Sejak dibuka pada tahun 1887, tempat ini menjadi sangat populer dan menjadi tempat singgah terbaik bagi berbagai tokoh ternama dunia. Penulis Rudyard Kipling, Somerset Maugham, dan Ernest Hamingway pernah menginap di hotel ini.


Selain menyediakan hotel, Raffles Hotel juga merupakan lambang kemewahan Singapura dengan 15 restoran dan bar di dalamnya. Tempat ini juga sangat melegenda di seluruh dunia dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati Singapore Sling Cocktail di dunia. Di sini juga terdapat sebuah museum tersembunyi, lho.
8. Clarke Quay



Nama Clarke Quay diambil dari Sir Andrew Clarke, Gubernur kedua Singapura dan Gubernur Straits Settlements dari tahun 1873 hingga 1875. Ia memainkan peran penting dalam memposisikan Singapura sebagai pelabuhan utama bagi negara bagian Perak, Selangor, dan Sungei Ujong di Melayu.


Clarke Quay juga merupakan nama jalan di sepanjang dermaga, yang sebagian telah berubah menjadi pusat pertokoan. Clarke Street, yang terletak di sebelah Clarke Quay, secara resmi dinamai pada tahun 1896. Awalnya, jalan ini hanya terdiri dari dua jalan yang dikenal sebagai East Street dan West Street.


Kawasan ini pun sekarang juga sudah disulap menjadi pusat pertokoan yang menjual berbagai kebutuhan. Dengan demikian, Clarke Quay sangat cocok untuk Parents yang ingin wisata belanja.


Artikel terkait: 10 Objek Wisata Indonesia yang Telah Dikenal Dunia
9. Resorts World Sentosa



Resorts World Sentosa adalah sebuah resor terpadu di Pulau Sentosa, yakni pulau yang terletak di lepas pantai selatan Singapura. Di tempat ini terdapat salah satu kasino terbesar di Singapura. Selain itu, ada pula taman hiburan Universal Studios Singapore yang merupakan taman hiburan Universal Studios kedua di Asia setelah Universal Studios Jepang dan yang pertama di Asia Tenggara.


Di Resorts World Sentosa juga terdapat Adventure Cove Waterpark dan SEA Aquarium yang merupakan oseanarium terbesar kedua di dunia. Dengan demikian, kawasan ini menjadi taman hiburan untuk segala usia.
10. Orchard Road



Orchard Road adalah jalan perbelanjaan utama Singapura. Tempat ini sering kali dikunjungi oleh wisatawan asing ataupun mancanegara. Dinamai berdasarkan kebun buah yang dilalui jalan tersebut, Orchard Road diapit oleh mal. Di kawasan ini juga banyak restoran kelas atas, kedai kopi, kafe, klub malam, dan hotel. Orchard Road juga merupakan situs kediaman resmi Presiden Singapura, Istana. 


Artikel terkait: 10 Tempat Wisata di Pattaya yang Tak Boleh Dilewatkan
11. Kebun Binatang Singapura



Sebagai kebun binatang hutan hujan terbaik di dunia, Kebun Binatang Singapura adalah tempat yang cukup mengesankan. Kebun binatang ini sangat bersih dengan koleksi hewan yang dirawat secara baik. Selain itu, vegetasi pun tumbuh subur dan telah menjadi ruang habitat. Beberapa koleksi yang menyita perhatian adalah orang utan, zebra, simpanse, tikus mol, dan lain sebagainya.
12. Jewel Changi



Tiba du Singapura, pelancong sebenarnya sudah disambut oleh Jewel Changi yaitu taman hiburan bernuansa alam di Bandara Internasional Changi, Singapura. Kamu bisa menjumpai HSBC Rain Vortex yang ikonik di Jewel Changi.


HSBC Rain Vortex merupakan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia. Di sekelilingnya terdapat banyak tanaman yang membuat air terjun ini semakin indah bak berada di hutan sungguhan. Jewel terkoneksi dengan Terminal 1 Bandara Changi Singapura, serta terhubung dengan Terminal 2 dan 3 lewat SkyBridge.
13. Sea Aquarium Singapore



Sea Aquarium beralamat di 8 Sentosa Gateway, Sentosa Island, tepatnya di kawasan Resorts World Sentosa. Memasuki kawasan ini, Anda akan disambut pemandangan seperti di bawah laut lengkap dengan sebuah kapal karam yang menarik perhatian.


Daya tarik lainnya terdapat satu lorong panel kaca di bawah akuarium di mana pengunjung bisa duduk-duduk sambil melihat langsung hewan laut yang berenang.


Selain melihat kehidupan aneka hewan laut, pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi penyelam di kawasan amphitheater dengan akuarium besar seperti layar bioskop. Dijamin pengunjung akan betah berlama-lama dengan berbagai aktivitas menarik di sini.


Untuk bisa berwisata ke Sea Aquarium, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar SGD32 untuk satu orang dengan One-Day Ticket. Tersedia juga tiket Special Experience yang menawarkan berbagai aktivitas menarik dengan harga mulai dari SGD113 hingga SGD186.


Sementara untuk jam bukanya Sea Aquarium Singapore mulai beroperasi pada pukul 10.00 pagi hingga pukul 17.00 sesuai dengan waktu setempat.



Petunjuk arah ke SEA Aquarium dengan Kereta Api/Sentosa Express

Ambil jalur North-East atau Circle line ke stasiun HarbourFront.
Ambil Exit E ke VivoCity dan lanjutkan ke level 3 untuk naik Sentosa Express. Turun 1 perhentian kemudian di Resorts World Station.
Di pintu keluar Resorts World Station, ikuti papan nama SEA Aquarium dan terus berjalan lurus melewati air mancur. Di ujung deretan pertokoan, belok kiri dan Anda akan melihat pintu masuk SEA Aquarium.

14. ArtScience Museum



Masih berada di kawasan Marina Bay Sand, wisatawan bisa menjumpai ArtScience Museum. Museum ini berisi koleksi yang memadukan karya seni, sains, budaya, dan teknologi.


Melansir dari laman resminya, terdapat 21 ruangan galeri dengan total luas hampir 5.000 meter persegi sehingga sangat cocok bagi para pencinta seni.


Sejak dibuka pada Februari 2011, ArtScience Museum telah menyelenggarakan pameran skala besar untuk karya seniman terbaik dunia, seperti Leonardo da Vinci, Salvador Dali, Andy Warhol, Vincent Van Gogh, dan M.C.
15. Bugis Street



Sudah puas mengelilingi Singapura dan ingin membawa buah tangan untuk keluarga, datanglah ke Bugis Street. Spot sattu ini tak kalah populer dengan Orchard Road. Ditambah lagi, banyak barang murah meriah yang awas membuat Anda kalap! Cukup naik MRT jalur hijau atau biru dan turun di Bugis MRT Station.


Demikian beberapa tempat wisata di Singapura yang bisa dikunjungi Parents bersama keluarga. Mana yang akan menjadi tujuan Parents?




13 Destinasi Wisata Ramah Vegan di Asia, Indonesia Ada!



13 Tempat Wisata di Afrika yang Memukau, Surganya Pencinta Alam



8 Tempat Wisata di Kyoto yang Tak Boleh Dilewatkan


http://dlvr.it/Sx6Sbw

Posting Komentar untuk "15 Tempat Wisata di Singapura, Dari Wisata Sejarah Hingga Wisata Belanja"