Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Rendang? Ini Jawabannya, Bun!

Saat hamil, tentunya Bunda bakal lebih berhati-hati dalam hal memilih makanan. Buat penggemar makanan khas Padang, Anda juga mungkin bertanya-tanya: bolehkah ibu hamil makan daging rendang?


Artikel Terkait: Bolehkah Ibu Hamil Makan Jeroan? Ini Dampaknya bagi Kehamilan
Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Rendang?


Jawabannya boleh, Bunda. Makanan tradisional Indonesia berupa rendang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, asal diperhatikan porsinya.


Hal ini karena lemak jenuh yang terkandung dalam rendang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, akan kurang sehat apabila sering atau berlebihan dikonsumsi. 


Meski begitu, saat porsinya tepat, rendang aman dikonsumsi, kok.


Mengutip laman Nilai Gizi, satu porsi rendang mengandung 193kkal energi, 22,60g protein, 7,90g lemak, 7,80g karbohidrat. Jumlah ini akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil.


Artikel Terkait: Bolehkah Ibu Hamil Makan Salmon Mentai? Ini Penjelasannya
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Makan Rendang Saat Hamil



Bagi ibu hamil yang sudah terdiagnosis memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya hindari mengonsumsi rendang terlalu banyak, ya. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bila hendak mengonsumsinya.


Pastikan Bunda mengonsumsi rendang yang masih fresh. Artinya, rendang masih hangat atau baru dimasak, bukan rendang yang sudah berhari-hari disimpan atau rendang frozen agar lebih sehat.


Selain itu, penting  untuk memastikan agar rendang yang hendak dimakan sudah betul-betul matang. 


Sebab, makanan mentah atau setengah matang, apalagi daging merah seperti sapi, sangat tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil karena bisa meningkatkan potensi kontaminasi bakteri yang bisa berbahaya bagi kandungan.


Artikel Terkait: Bolehkah Ibu Hamil Makan Tumis Pepaya Muda? Ini Risiko yang Perlu Diwaspadai
Tambahkan Aneka Sayuran agar Gizi Seimbang


Rendang mengandung tinggi kalori dan lemak. Supaya lebih seimbang, Bunda bisa mengonsumsi rendang dibarengi dengan sayuran. 


Misalnya, makan rendang pakai daun singkong, timun, selada, atau sayuran lain yang Bunda suka. 


Hal ini dilakukan supaya nutrisi yang Anda konsumsi seimbang. Selain itu, mengonsumsi sayuran yang kaya serat juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan Bunda selama hamil.


Artikel Terkait: Bolehkah Ibu Hamil Makan Tutut atau Keong Sawah? Ini Penjelasan Dokter


Jadi, rendang bisa menjadi makanan yang aman dan bergizi untuk ibu hamil, asal diperhatikan porsinya. Punya rasa yang enak, rendang bisa menjadi makanan yang nikmat untuk ibu hamil.


Di masa kehamilan, Bunda pun perlu memperhatikan asupan gizi seimbang supaya kebutuhan gizi harian bisa terpenuhi dengan baik.


Jadi, bukan cuma konsumsi rendang dan nasi saja, ya. Pastikan Bunda juga mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan berbagai zat gizi penting lainnya.


Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya, Bunda.


****




https://nilaigizi.com/gizi/detailproduk/832/Rendang-sapi,-masakan />





Mitos Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Kepiting, Seperti Apa Faktanya?


Bolehkah ibu hamil makan emping melinjo? Ini penjelasannya!


Bolehkah ibu hamil makan bakso? Ini tips sehat konsumsi bakso buat Bumil!


http://dlvr.it/TC8BHS

Posting Komentar untuk "Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Rendang? Ini Jawabannya, Bun!"