Neurodiversity: Definisi dan Sejarah yang Harus Parents Tahu
Dengan begitu banyak kebencian di dunia terhadap orang-orang yang terpinggirkan, keluarga menjadi unit penting untuk mengajari anak-anak mereka tentang keragaman. Orang tua harus melakukan dialog berkelanjutan dengan anak-anak mereka tentang ras, seksualitas, dan gender. Namun, salah satu aspek penting dari keragaman juga harus dibahas adalah keragaman saraf atau yang dikenal sebagai neurodiversity.
Artikel terkait: Orangtua Tangguh untuk Anak Spesial, 10 Artis Ini Punya Anak Pengidap Autis
Definisi dan sejarah neurodiversity
Melansir dari Fatherly, Judy Singer , seorang sosiolog autis, menciptakan istilah ini pada akhir 1990-an. Dia menggunakannya untuk membingkai perbedaan otak, seperti yang ditemukan pada orang autis, sebagai sesuatu yang harus dianut sebagai bagian dari keragaman manusia yang alami daripada sesuatu yang harus disembuhkan. Dalam pandangan ini, orang-orang yang neurodivergent — mereka yang menderita ADHD, autisme , disleksia, dyspraxia, dan gangguan perkembangan lainnya — adalah bagian yang berharga dari masyarakat dan mereka harus diakui seperti itu.
Neurodiversity melukiskan kondisi seperti autisme dan ADHD bukan dalam hal defisit, tetapi perbedaan. Dengan kata lain, tidak ada yang namanya satu jenis otak “normal” atau “kanan”, sama seperti tidak ada satu ras atau seksualitas atau jenis kelamin yang “benar”. Perbedaan kognitif itu normal dan alami. Seperti semua bentuk keragaman manusia, mereka menyumbangkan kekuatan unik kepada masyarakat dan kehidupan
Menurut seorang penulis sains bernama Steve Silberman dalam bukunya Neuro-tribe: The Legacy of Autism and the Future of Neurodiversity, pendukung neurodiversity mengusulkan bahwa alih-alih melihat “gift” ini sebagai kesalahan alam, atau teka-teki yang harus dipecahkan dan dihilangkan dengan teknik seperti pengujian prenatal dan aborsi selektif, masyarakat harus menganggapnya sebagai bagian berharga dari warisan genetik manusia sambil memperbaiki aspek autisme yang dapat melumpuhkan seseorang.
Kebanyakan orang memiliki gaya fungsi kognitif serupa yang disebut sebagai neurotipikal. Orang yang tidak neurotipikal disebut neurodivergen. Namun, tidak ada definisi ketat untuk menjelaskan siapa saja yang masuk dalam kategori ini. Di samping itu, neurodiversity juga bukan istilah ilmiah. Jadi beberapa orang mengidentifikasi sebagai neurodivergent jika mereka memiliki Tourette, depresi, epilepsi, atau kondisi lain yang dapat mengubah fungsi otak.
Artikel terkait: Ciri anak autis bisa dideteksi lewat bermain cilukba, ini penelitiannya
Kelebihan Orang Neurodivergent
Gerakan neurodiversity bertujuan untuk mengurangi stigma yang dihadapi orang-orang neurodivergen. Masyarakat biasanya berfokus pada tantangan yang terkait dengan gangguan ini. Misalnya, orang autis mungkin mengalami kesulitan berkomunikasi dan orang dengan ADHD mungkin sulit berkonsentrasi. Namun, orang-orang yang neurodivergen memiliki kelebihan masing-masing, terutama ketika diberi kesempatan untuk menggunakan otak unik mereka dengan cara yang paling cocok untuk mereka. Orang dengan ADHD, misalnya, sering kali memiliki pemikiran non-linear yang memungkinkan mereka menemukan solusi kreatif.
“Bahkan, impulsivitas mereka bisa menjadi keuntungan,” kata Sarah Cussler, asisten direktur Penulisan Sarjana dan Strategi Akademik di Pusat Pengajaran dan Pembelajaran Yale Poorvu, kepada WebMD .
“Karena mereka akan mengatakan hal-hal yang orang lain takut untuk katakan,” lanjutnya.
Orang autis mungkin memiliki ingatan yang hebat dan beberapa di antaranya dapat memperhatikan detail rumit yang mungkin diabaikan oleh orang-orang neurotipikal. Orang dengan disleksia sering kali lebih baik dalam tugas visual dan mereka yang menderita dyspraxia sering kali sangat kreatif dan artistik.
“Siswa [Neurodivergent] adalah siswa yang luar biasa,” kata Cussler.
“Mereka bisa menjadi pemikir yang sangat kreatif, berwawasan luas, dan out-of-the-box. Tetapi dengan beberapa jenis penilaian klasik menyulitkan mereka,” lanjutnya.
Artikel terkait: 5 Tips mengasuh anak autis, berdasarkan pengalam pribadi!
***
Dengan demikian, pada dasarnya, mereka memerlukan berbagai jenis evaluasi dan akomodasi khusus di tempat kerja dan sekolah. Namun, bukan berarti mereka tidak mampu. Alih-alih mengajarkan anak merasa kasihan dan iba, ajarkan anak untuk merangkul mereka dan menganggap mereka setara seperti manusia lainnya.
Jika Parents ingin berdiskusi seputar pola asuh, keluarga, dan kesehatan serta mau mengikuti kelas parenting gratis tiap minggu bisa langsung bergabung di komunitas Telegram theAsianparent.
:
Anak autis bukan kekurangan, ini 4 kelebihan yang menjadikannya istimewa
Penelitian: Ini Karakteristik Wajah Anak Autis yang Perlu Parents Ketahui
Penelitian: alasan mengapa autisme sering terjadi pada anak laki-laki
The post Neurodiversity: Definisi dan Sejarah yang Harus Parents Tahu appeared first on theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia.
http://dlvr.it/S73pfY
http://dlvr.it/S73pfY
Posting Komentar untuk "Neurodiversity: Definisi dan Sejarah yang Harus Parents Tahu"